Cari Blog Ini

Minggu, 27 Maret 2011

pentingnya globalisasi

globalisasi istilah yang memiliki hubungan dengan peningkatan dan keterkaitan antara bangsa indonesia dan antar manusianya tersebut.
globalisasi adalah suatu proses dimana individu sangat mempunyai banyak karakteristik yang sangat internasionalisasi. globalisasi berasal dari kata global yang maknanya sangat universal, sehingga banyak orang mengartikannya berbeda-beda.

disisi lain banyak orang yang menganggap globalisasi sebagai suatu proyek, sehingga menanpakkan nilai yang negatif. theodore levitte merupakan orang yang pertama kali menggunakan istilah globalisasi pada tahun 1985.

ciri-ciri globalisasi adalah sebagai berikut :
1. produksi ekonomi di negara-negara menjadi saling bergantung sebagai akibat dari hubungan perdagangan internasional.
2. peningkatan interaksi kultural melalui perkembangan media masa.
3. meningkatnya masalah bersama, misalnya di bidang lingkup masyarakat.

pendukung globalisasi dinamakan gerakan pro-globalisasi. para pendukung globalisasi menganggap bahwa globalisasi dapat meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan ekonomi masyarakat. mereka beranggapan bahwa teori keunggulan komparatif itu menyatakan bahwa suatu negara dengan negara lain saling berhubungan dan dapat saling menguntungkan satu sama lainnya.

sedangkan yang tidak mendukung adanya globalisasi dinamakan dengan gerakan anti globalisasi. anti globalisasi adalah yang umum digunakan untuk memaparkan sikap politisi orang-orang yang menentang adanya perjanjian globalisasi.
anti globalisasi dianggap sebagian orang adalah gerakan sosial, apapun maksudnya para pesera antiglobalisasi ini dipersatukan dalam perlawanan ekonomi dan sistem perdagangan global saat ini yang menurut mereka hal tersebut mengikis lingkungan hidup.

ketika globalisasi ekonomi terjadi batas-batas suatu negara akan menjadi kabur dan keterkaitan antara ekonomi nasional dengan perekonomian internasional akan semakin erat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar